KOTAMOBAGU – Perbuatan tidak layak dipertontonkan oleh oknum pejabat Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara (Sulut), di RSUD Pobundayan, Kota Kotamobagu. Larangan merokok di kawasab RSUD tidak diindahkan oknum pejabat yang diketahui berinisial SM ini. Perbuatan SM mendapat larangan sekuriti dari RSUD tapi ia melawan. Kejadian ini berlangsung Jumat (28/5/2021) sekitar pukul 21.00 Wita.

Berawal dari keributan di halaman RSUD antara sekuriti RSUD dengan SM. Sekuriti menegur oknum pejabat agar tidak merokok di kawasan RSUD, tapi mendapat perlawanan dari SM. Kejadian ini sempat terekam video kamera dari petugas.

Tak hanya kepada sekuriti RSUD, tindakan perlawanan juga diberikan oknum pejabat tersebut kepada anggota Satpol PP Kotamobagu.

Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban umum Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Sat PolPP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kotamobagu, Chandra Kurniawan Wahid juga memberikan teguran, tapi ia mendapat reaksi yang seperti sekuriti dari SM.

“Saya kebetulan sedang melakukan pengecekan satpam dan berada tepat di depan kejadian satpam yang sudah 2 kali menegur 2 orang tersebut, tetapi mereka tidak mau ikut aturan,” ujarnya.

Menurut penuturan Chandra, saat melihat kejadian itu, ia datang dan memperkenalkan diri sembari meminta agar rokoknya dimatikan serta mengikuti aturan yang ada. Namun bukannya mengikuti aturan, SM yang nampak bersama kerabatnya justru memberikan perlawanan tak mengenakan hingga terjadilah pertengkaran yang mengundang reaksi keluarga oknum yang berada di RSUD.

“Dalam keadaan yang memanas ada keluarganya yang datang melerai pertengkaran, tetapi ada juga yang malah membela oknum tersebut,” ungkap Chandra.

Beberapa saat setelah kejadian, ia langsung melaporkan hal ini ke Kepala Satpol-PP Kotamobagu dan Direktur RSUD Kotamobagu.

Penulis: Vikar Embo