Kegiatan penutupan pelatihan.

MANADO – Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid menutup pelatihan penerapan aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik Bridging P-Care yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bolsel. Pelatihan yang diperuntukkan bagi petugas Puskesmas ini berlangsung di SwissBell hotel Maleosan, Manado, Rabu (28/4/2021).

SIKDA Generik adalah upaya dari Kementerian Kesehatan dalam menerapkan standarisasi sistem informasi kesehatan sehingga dapat tersedia data dan informasi kesehatan yang akurat, tepat, dan cepat dalam pengambilan kebijakan di bidang kesehatan (di Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Kementerian Kesehatan) dengan mendayagunakan teknologi, informasi, dan komunikasi.

Deddy Abdul Hamid

Sementara aplikasi SIKDA Generik dengan bridging system dirancang agar dapat berinteroperabilitas, dan terintegrasi dengan aplikasi lain seperti terintegrasi dengan aplikasi PCare BPJS Kesehatan dan NIK Dukcapil.

Deddy Abdul Hamid dalam sambutan penutupan memberikan apresiasi setelah kegiatan pelatihan dinilainya sukses terlaksana.

“Saya berharap, nantinya Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan memiliki ketersediaan informasi dan data kesehatan yang berkualitas,” ucap Wabup dihadapan peserta pelatihan.

Deddy Abdul Hamid foto bersama dengan Kadis Kesehatan, Sekretaris Dinkes Bolsel dan peserta pelatihan.

Disamping itu, dia meminta adanya peningkatan kualitas Puskesmas setelah memanfaatkan aplikasi SIKDA Generik, sehingga data di Puskesmas dan Dinas Kesehatan akan lebih mudah, tepat waktu dan menghasilkan data yang lebih baik, valid, lengkap, dan konsisten tentunya dengan dukung sarana prasarana jaringan internet.

Penutupan pelatihan aplikasi SIKDA Generik turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan dr Sadli Mokodongan dan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bolsel.

Advertorial