KOTAMOBAGU – Pemerintah kota (pemkot) melalui Dinas kesehatan (Diskes) berencana melakukan vaksinasi untuk guru dan imam pada pekan kedua di bulan ramadan. Rencana ini disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kotamobagu, Soemartini Soegiharjo.

Menurut dia, melihat zonasi penyebaran Covid-19, Kotamobagu yang saat ini berada dalam zona kuning.

“Mungkin sampai saat ini sudah banyak orang yang di vaksinasi makanya anti bodi dan kekebalan tubuh mereka sudah terbentuk,” ujar Soemartini, Selasa (20/4/2021).

Menurunnya kasus penyebaran Covid-19 di kotamobagu saat ini, diakui Soemartini tidak luput dari upaya Dinkes untuk melakukan sampeling kepada warga berinteraksi dengan orang banyak.

“Minggu lalu kita telah melakukan sampeling kepada karyawan toko, dealer, guru dan juga imam masjid. Sebenarnya sasaran utamanya adalah guru-guru dan imam masjid, tapi arahan provinsi juga menitipkan agar dilakukan juga sampeling untuk para karyawan toko besar, karena di bulan puasa berpotensi membludaknya orang berbelanja untuk kebutuhan selama puasa hingga persiapan untuk lebaran,” bebernya.

Dia mengatakan, saat ini Dinkes telah selesai melakukan swab dan vaksinasi kepasa karyawan toko dan sementara mempersiapkan untuk imam dan guru nanti.

“Alhamdulilah hasil swab tes kali ini tidak sama dengan tahun 2020 yang lalu, hasilnya kali ini mengalami penurunan kasus Covid-19 yang sangat signifikan,” tutupnya.

Penulis: Vikar Embo