KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menjamin ketersediaan 11 bahan pangan di bulan Ramadan hingga usai Hari Raya Idul Fitri atau lebaran nanti. Hal ini disampaikan oleh Kepala DKP Kotamobagu, Nurachim Patra Mokoagow, Senin (19/4/2021).

“Minggu lalu tim terpadu sudah melakukan monitoring ketersediaan bahan pangan dan produk yang kadaluarsa, dari hasil pantauan kita, ketersediaan 11 komoditas bahan pangan dalam bulan Ramadhan sampai setelah lebaran kondisinya sangat aman,” kata Nurachim.

Ia juga menyampaikan bahwa mulai 4 Januari hingga kini pihaknya selalu melakukan penginputan di web Kementerian Pertanian.

“Setiap pekannya kita selalu menginput data ketersediaan yang diambil dari data produksi, distributor, stok pedagang dan di Bulog, lalu di input di web Kementerian Pertanian Badan Ketahanan Pangan Pusat,” terangnya.

Selain itu, menurut Nurachim stok komoditas beras dari bulan Maret sampai Mei 2021 total ketersediaannya sebanyak 1.752,62 ton, sementara untuk jumlah kebutuhan sebanyak 1.152.60 ton.

“Stok beras tersebut mulai dari Bulog, pemasukan oleh distributor, stok beras cadangan pangan provinsi (CPP) 2021, produksi padi gabah kering panen, dan stok pada pedagang. Jadi stok komoditas beras mencukupi untuk menghadapi Ramadhan, bahkan surplus pada neraca sekitar 600,01 ton,” beber Nurachim.

Adapun 11 komoditi bahan pangan tersebut, yakni beras, jagung, telur, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe besar, daging sapi, daging ayam, gula pasir dan minyak kelapa.

Penulis: Vikar Embo