KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop&UKM) menggelar pasar murah di Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Rabu (21/4/2021). Lebih kurang 500 paket bahan pokok yang di sediakan Pemkot untuk warga di 9 Kelurahan/desa yang ada di Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Kepala Bidang Perdagangan Disdagkop&UKM Kotamobagu, Apri Paputungan mengatakan, pengadaan pasar murah ini untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok (Bapok) masyarakat Kotamobagu selama bulan ramadan.

“Jadi, dari sembilan desa dan kelurahan yang menerima ini, masing-masing diberikan 50 kupon. Sedangkan untuk warga Kelurahan Motoboi Kecil disediakan 150 kupon karena mereka sebagai tuan rumah,” ujar apri.

Mekanisme pelayanan kupon untuk pasar murah yang telah disiapkan, Apri menjelaskan bahwa hal itu dipercayakan kepada lurah dan kepala desa untuk membagikan kepada warga yang layak menerima.

“Lurah dan kepala desa yang lebih mengetahui mana warganya yang layak menerima kupon tersebut,” katanya.
Apri juga mengatakan, pengadaan pasar murah kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pasar murah kali ini tidak diumumkan secara luas.

“Kita tidak melakukan pengunguman secara luas untuk pasar murah tahun ini karena untuk menghindari terjadinya kerumunan yang membludak, untuk itu pula kami melakukan pembatasan kupon yang disalurkat,” jelasnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan pasar murah dari Pemkot hanya dipusatkan di satu titik yakni di Kotamobagu Selatan.

“Ini awalnya direncanakan akan digelar di Kotamobagu Utara, tapi di SK wali kota dialihkan Kotamobagu Selatan. Tetapi, InsyaAllah, Pemkot akan bekerja sama dengan Perbankan untuk menggelar lagi pasar murah di tahun ini,” ujar mantan lurah Pobundayan ini.

Untuk gelaran pasar murah ini tidak lupa pula panitia menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Warga yang datang membeli Bapok wajib menerapkan protokol kesehatan, jika tidak menggunakan masker, kita tidak layani,” jelasnya.

Sekedar tambahan, berikut daftar Bapok beserta harganya:

Harga Bapok:
Mentega Rp. 37.000/kg
Gula pasir RP. 16.000/2 kg
Minyak goreng Rp. 11.000/ kg
Tepung Rp. 13.000/2 kg
Telur Rp. 33.000/bak
Beras Rp. 35.000/5 kg

Total Bapok :
Mentega 500 kg
Gula Pasir 1000 kg
Minyak goreng 500 kg
Tepung 1000 kg
Telur 500 bak
Beras 2500 kg

Penulis: Vikar Embo