KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar apel kesiapsiagaan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2021. Apel yang dilaksanakan di Lapangan Boki Hotinimbang Kotamobagu, Senin (26/4/2021).

Apel yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kotamobagu, Ir Sande Dondo turut dihadiri seluruh kepala dinas beserta jajarannya. Sekda menggantikan Wali Kota Kotamobagu, Ir Tatong Bara yang belum berkesempatan hadir berhalangan sakit.

Dalam sambutan wali kota yang dibacakan Sande, Tatong Bara menyampaikan bahwa kita semua tentunya harus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan, serta juga menyiapkan langkah-langkah antisipatif yang tepat dan cepat dalam menghadapi kemungkinan bencana.

“Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir korban jiwa maupun harta jika nantinya terjadi bencana alam,” kata Sekda.

Menurut Dondo, bencana merupakan peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat.

“Bencana yang disebabkan faktor alam maupun non alam dapat mengakibatkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda serta dampak psikologis bagi masyarakat yang mengalami bencana,” ucapnya.

Pelaksanaan apel pagi ini juga merupakan bagian dari upaya pemkot untuk meningkatkan kesiapsiagaan, serta kewaspadaan dalam menghadapi bencana alam.

“Dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam, maka salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah melakukan mitigasi atau serangkaian upaya untuk dapat mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik, maupun melalui berbagai upaya meningkatkan kemampuan mengahdapi ancaman bencana, termasuk juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran dan kewaspadaan dalam menghadapi bencana,” kata sande.

Perlu kita ketahui bersama bahwa, saat ini kita sedang menghadapi potensi cuaca ekstrim, yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi,

“Oleh karena itu saya sangat berharap agar kiranya pelaksanaan apel kesiapsiagaan bencana alam, yangyang juga bertepatan dengan peringatan hari kesiapsiagaan bencana alam hari ini, dapat kita jadikan momentum untuk terus meningkatkan komitmen, semangat, serta motivasi kita semua untuk terus bersinergi dalam rangka menghadapi kemungkinan bencana alam,” ujar sande

Tidak lupa pula dalam kesempatan ini Sande yang mewakilkan pidato dari Walikota menyampaikan ungkapan Belasungkawa dari pemerintah kota kotamobagu atas tenggelamnya KRI NANGGALA 402,

“Saya atas nama pribadi, atas nama pemerintah daerah, dan atas nama seluruh masyarakat kota kotamobagu ingin menyampaikan ucapan turut berduka cita sedalam – dalamnya atas gugurnya putra – putri terbaik bangsa saat menjalankan tugas mulia, di KRI NANGGALA-402, semoga Tuhan yang maha kuasakuasa, Allah Subhanahu Wataala menerima segala pengabdian yang telah di berikan kepada bangsa dan negara,” tutup sande.

Adertorial