BOLSEL – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI memantau langsung pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara (Sulut), Senin (26/4/2021). Tim dari Kemendagri turun melihat langsung suasana di tempat pemungutan suara (TPS).

Bolsel merupakan daerah pertama di Sulut yang melaksanakan Pilkades serentak di masa pandemi Covid-19. Dalam situasi ini, Kemendagri perlu menyorot langsung pelaksanaan Pilkades, terutama dalam penerapan protokol kesehatan sebagaiaman yang diamanatkan Permendagri 72 Thn 2020,

Dari hasil pantauan, Kemendagri melalui Dirjen Bina Pemdes, Yusharto Huntoyungo memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten dan jajaran Forkopimda Bolsel yang terlibat langsung dan sukses melaksanakan Pilkades.

Tak tanggung-tanggung, bahkan Yusharto meminta daerah lain yang akan melaksanakan hajatan yang sama agar mencontoh pada Bolsel.

“Pilkades yang pertama kali digelar di Sulut di masa Pandemi ini diharapkan daerah lain dapat menjadikan Bolsel sebagai role model dalam menggelar pelaksanaan Pillades di masa Pandemi Covid-19,” ucap Yusharto melalui zoom meeting pemantauan Pilkades Bolsel bersama bupati dan wakil bupati Bolsel, Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid.

Dikesempatan yang sama, Iskandar Kamaru berterima kasih kepada pihak Kemendagri karena telah memberikan rekomendasi untuk pelaksanaan Pilkades di 27 desa yang ada di Bolsel.

Baik bupati maupun Wabup memantau langsung pelaksanaan Pilkades. Jika Iskandar Kamaru memantau di wilayah Kecamatan Bolaang Uki, Deddy Abdul Hamid memantau di wilayah Kecamatan Pinolosian.

Dari setiap kunjungan di TPS-TPS, baik Iskandar maupun Deddy sama-sama mengingatkan masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan serta menjaga rasa kekeluargaan.

“Karena beda itu lumrah, akan tetapi tujuannya sama, yakni menuju desa yang maju dan sejahtera. Untuk itu, mari saling mempererat silaturahmi,” ucap keduanya.