KOTAMOBAGU – Ir Tatong Bara kembali menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo atas keberhasilannya sebagai wali kota Kotamobagu. Tatong Bara dianugerahi penghargaan atas keberhasilannya menangani pandemi Covid-19 sekaligus pemulihan ekonomi daerah. Pemberian penghargaan oleh presiden dilakukan secara virtual.

Penerimaan penghargaan secara virtual dilaksanakan di aula rumah dinas wali kota, Rabu (28/4/2021). Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan menggantikan Tatong Bara yang berhalangan ikut dalam pertemuan virtual.

Nayodo menjelaskan bahwa pemberian penghargaan difokuskan pada dua hal, yakni penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

“Presiden Joko Widodo menaruh perhatian khusus pada dua hal tersebut,” ucap Nayodo, Kamis (29/4/2021).

Untuk penanganan Covid-19, lanjut Nayodo, presiden meminta seluruh kepala daerah bersama Forkopimda melaksanakan disiplin ketat dalam pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes).

“Apalagi menjelang hari raya idul fitri, sehingga diharapkan seluruh masyarakat untuk tidak abai terhadap Prokes,” ujarnya.

Sementara untuk pemulihan ekonomi, seluruh kepala daerah diminta langsung oleh presiden untuk melakukan berbagai upaya untuk memulihkan ekonomi di daerah masing-masing.

Pemberian penghargaan turut dihadiri oleh Dandim 1303 Bolmong, Letkol Infantri Raja Gunung Nasution, Wakapolres Kotamobagu Kompol Rina Frillya SIK, Sekretaris Daerah Kotamobagu Sande Dodo dan para sisten Setda Kota Kotamobagu.

Penghargaan dari presiden bukan pertama kali ini saja diterima Tatong Bara. Sebelumnya, wali kota dua periode ini menerima penghargaan sebagai terbaik pertama tingkat nasional pada lomba penanaman pohon tingkat Kota se–Indonesia pada tahun 2015. Di tahun 2018, Tatong Bara kembali menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dari Joko Widodo.

Penulis/Editor: Vikar Embo