KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas kesehatan (Dinkes) mulai melakukan vaksinasi kepada para imam masjid yang berada di wilayah Kota Kotamobagu.

Rabu (21/4/2021) malam, tepatnya usai pelaksanaan ibadah salat tarawih, vaksinasi terhadap para imam mulai dijalankan. Lokasi vaksinasi berlangsung di Lantai I Masjid Agung Baitul Makmur (MABM).

Dinas Kesehatan menargetkan 130 imam yang akan mengikuti vaksinasi dosis pertama. Hari pertama vaksinasi, 27 imam telah mendaftar, namun hanya 20 orang yang di vaksin, sisa lainnya berhalangan karena sakit.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kotamobagu, Lindawati Hasan, mengatakan vaksinasi para imam sebelumnya terjadwal di 4 titik berbeda di 4 kecamatan, kemudian diubah mengambil lokasi di MABM.

“Untuk jadwal vaksinasi imam ini sebenarnya dilaksanakan di Puskesmas-Puskesmas, tapi karena hanya sedikit yang datang, kita ambil inisiatif untuk di pusatkan di masjid Baitul Makmur saja dengan harapan banyak imam yang akan datang melakukan vaksin,” kata Lindawati melalui pengawas vaksinasi imam, Desak, saat sedang di MABM.

Sebelumnya, Sekretaris Dinkes Kotamobagu, Soemartini Soegiharjo telah menyampaikan soal sasaran vaksinasi untuk para imam. Menurut Soemartini, pihaknya memastikan pada bulan ramadan banyak orang yang berbondong-bondong datang ke majid untuk beribadah.

“Makanya kita bikin program untuk vaksinasi terhadap para imam yang ada di wilayah Kotamobagu,” kata Soemartini, saat di temui, Selasa (20/4/2021).

Terinformasi, vaksinasi perdana untuk para imam dimulai oleh imam di MABM dan imam wilayah Kotamobagu Selatan.

Penulis: Vikar Embo