KOTAMOBAGU – Memasuki minggu kedua Ramadan, harga cabai dan ayam daging mengalami kenaikan. Untuk cabai sendiri kenaikan hingga 2 kali lipat bahkan lebih sedikit.

Harga cabai sebelumnya, yakni Rp30.000-Rp40.000, saat ini harganya mencapai Rp75.000-Rp85.000. Sementara untuk harga daging ayam naik menjadi Rp65.000-Rp75.000 dari harga sebelumnya Rp55.000.

Kenaikan harga cabai dan daging ayam diketahui dari Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop&UKM) Kota Kotamobagu saat memantau perkembangan harga bahan pokok(Bapok) di pasar-pasar tradisional.

“Bulan puasa banyak permintaan dari pembeli, karena masyarakat juga yang mulanya tidak berjualan sebelum bulan puasa, kini berjualan, makanya harga daging ayam dan cabai meningkat,” kata Kepala Bidang Perdagangan Disdagkop&UKM Kotamobagu, Apry Dj Paputungan, Selasa (20/4/2021).

Sementara untuk cabai sendiri menurut Apry, selain permintaan yang meningkat, stok cabai yang mengalami penurunan dikarenakan faktor cuaca.

Disisi lain, mantan lurah Pobundayan ini mengatakan bahwa fluktuasi harga bahan pokok lainnya di Kotamobagu belum mengalami kenaikan harga yang signifikan.

“Untuk ketersediaan Bapok saat ini masih aman dan normal, hanya saja ada kenaikan harga untuk daging ayam dan cabai,” ujar Apry.

Penulis: Vikar Embo