KOTAMOBAGU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu telah mengubah dokumen kependudukan model kartu keluarga (KK) serta akta kelahiran dan akta kematian dengan menggunakan kode quick respons (QR). Hal ini disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Kotamobagu Irianto Mokoginta, Rabu (28/4/2021).

“Untuk sekarang model KK dan akta sudah tidak lagi menggunakan kertas security printing. Sekarang kita menggunakan kertas A4 80 gram, dan sudah tidak ada lagi tanda tangan basah dan cap stempel. Kita sudah menggunakan kode QR,” kata Irianto.

Dikesempatan yang sama, ia meminta masyarakat agar segera memeriksa data yang ada di dokumen kependudukan, dan segera melapor jika ada perubahan.

“Jangan nanti pada saat dibutuhkan lalu buru-buru ke Capil. Misalnya ada anak yang tadinya di KK belum sekolah dan sekarang sudah sekolah, itu harus dirubah lagi agar KK itu ter-update terus datanya,” kata Mokoginta sembari menjelaskan bahwa pada update tersebut akan ditambahkan golongan darah.

Dikatakannya, Disdukcapil telah melaksanakan program ini sejak tahun 2020 dengan tanpa dipungut biaya sepersenpun.

Penulis: Vikar Embo