KOTAMOBAGU – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kota Kotamobagu bersama Satpol PP Provinsi Sulawesi Utara melakukan Sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 60 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian corona virus disease (Covid-19), Selasa (6/4/2021). Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar kotamobagu Sahaya Mokoginta.

Sosialisasi dihadiri langsung oleh Kepala Satpol PP Sulut Farly R Kotambuna sekaligus memberikan materi kepada peserta sosialisasi yang terdiri dari para lurah, kepala desa dan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagai garda terdepan pencegahan Covid-19 di kelurahan dan desa.

Dalam kesempatannya, Farly meminta ada sinergi antara Satpol PP dengan para peserta sosialisasi dalam menangani dan mencegah penyebaran Covid-19 di Kotamobagu.

“Saya mengharapkan agar lurah, kepala desa dan tentunya Linmas harusnya terlibat dengan Satpol PP Kotamobagu untuk sesekali melakukan ronda ke pasar-pasar untuk tetap mengikuti displin protokol kesehatan pencegahan covid 19 karena untuk saat ini kotamobagu sendiri masih dalam zona yang belum aman atau lebih tepatnya zona oranye,” ucapnya.

Lanjut Farly, tidak hanya di pasar saja yang wajib mengikuti protokol kesehatan, tapi juga bagi seluruh masyarakat Kotamobagu, khususnya para pelaku usaha kecil yabg ada  di tiap kelurahan atau desa.

“Lurah dan Kepala desa juga harusnya memberikan perintah ke Linmas untuk memperketat penjagaan di tiap Kelurahan atau desa,” pinta dia.

Sementara itu, Sahaya Mokoginta sangat antusias dengan adanya sosialisasi ini karena memberikan motivasi kepada Satgas Pencegahan Covid-19 di Kotamobagu khususnya pada Satpol PP, lurah/sangadi dan linmas sebagai garda terdepan pencegahan Covid-19.

“Kami sangat terbantu oleh lurah, Kades dan Linmas tentunya, apalagi pada tahun ini sudah ada pembatasan hajatan pernikahan yang sampai saat ini sudah berjalan dengan sangat baik. Dan juga, menjelang bulan puasa tahun ini, umat muslim sudah di perbolehkan untuk beribadah di masjid-masjid dengan tetap mematuhi protokok kesehatan,” kata Sahaya.

Penulis: Vikar Embo