KOTAMOBAGU – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Kotomobagu akan lakukan pemutakhiran data organisasi massa (Ormas). Hal ini sejalan dengan penerapan Permendagri nomor 57 tahun 2017 tentang pendataan dan pendaftaran Ormas.

Olehnya, Sekretaris Bakesbangpol Kotamobagu Suhartien Tegela meminta Ormas yang ada di kota Kotamobagu (KK) melakukan pemutakhiran data atau melakukan pendaftaran bagi ormas yang belum terdaftar dan/atau yang sudah habis masa berlakunya surat keterangan terdaftar (SKT).

“Saat ini memang masih dalam tahap sosialisasi termasuk melalui media. Ini juga supaya ormas – ormas yang aktif, yang sudah habis masa berlakunya atau ormas baru yang ada di kotamobagu bisa dengan mudah mengetahui informasi ini karena persyaratan pendaftaran dan perpanjangan SKT kali ini tidak sama seperti yang lalu, untuk persyaratan kali ini mungkin lebih spesifik lagi,” terang Tien, panggilan akrab Suhartien, Kamis (1/4/2021).

Menurut dia, ketentuan ini berlaku untuk semua Ormas, baik sifatnya lokal maupun berjenjang dari pusat wajib melaporkan keberadaan Ormasnya di Kesbangpol daerah l.

“Ormas-Ormas yang berjenjang wajib terdata di kesbangpol agar bisa melakukan kegiatan di daerah. Karena, jika tidak terdata di Kesbangpol daerah, maka ormas itu dianggap tidak ada keberadaannya disini,” tegasnya.

Penulis: Vikar Embo