MANADO – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru bersama Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, menghadiri penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemkab Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Bank SulutGo dan BPK Perwakilan Sulut. 

Penandatanganan kerja sama yang bertempat di Hotel Four Point itu dilakukan guna pemanfaatan aplikasi kas daerah secara online, sistem yang terintegrasi dengan aplikasi SIMDA keuangan, dalam rangka peningkatan pelayanan pengelolaan keuangan di lingkup Pemkab Bolsel.

Kerjasama Pemkab Bolsel, BSG dan BPKP dalam Pemanfaatan Aplikasi Kasda Online Bolsel Headline Terkini

Dalam kesempatannya Iskandar menyampaikan bahwa pengawasan pengelolaan keuangan desa merupakan usaha, tindakan dan kegiatan yang ditunjukkan untuk menjamin penyelenggaraan pengelolaan keuangan desa agar berjalan efisien dan efektif.

Dikatakan, tujuan aplikasi ini untuk mempermudah aparat pengawasan internal pemerintah dalam melakukan pengawasan terhadap akuntabilitas penggunaan dana desa (Dandes) agar sesuai dengan prioritasnya.

“Ini akan dilakukan secara transparan. Kalau boleh, 1 rupiah itu bisa dipertanggungjawabkan, perlu harus dimaksimalkan,” kata bupati. 

Kerjasama Pemkab Bolsel, BSG dan BPKP dalam Pemanfaatan Aplikasi Kasda Online Bolsel Headline Terkini

Bupati juga mengatakan, pemerintah desa dapat menjadi kekuatan bagi pemkab Bolsel dalam upaya memberantas korupsi dan mempertahankan opini WTP, yang ketujuh kalinya dari BPK RI. 

“Komitmen tersebut penting, dan bukan hanya untuk prestige semata, namun seharusnya hal tersebut dijadikan dasar yang kuat untuk mewujudkan Good Government dan Clean Governance ,” imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Bank SulutGo Cabang Molibagu Yunikewatisumawati Paputungan mengatakan, Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini dilakukan perpanjangan selama lima tahun. Ini juga merupakan versi empatnya. 

“Nantinya, dari kantor pusat untuk Kasda online versi empat akan dibuat di Kabupaten Bolsel. Itu langsung dari tim IT yang akan turun,” kata Iskandar.

Dalam kegiatan ini, bupati juga secara resmi membuka bimbingan teknis (Bimtek) aplikasi Sistem Pengawasan Keungan Desa, yang di ikuti oleh Inspektorat Bolsel, dan berlangsung selama tiga hari. 

Turut hadir Ketua DPRD Bolsel Ariffin Oli, Kepala Perwakilan BPKP Setya Nugraha, Dirut Bang SulutGo Jefry Dendeng, Dirktur Operasional Bang SuluGo dan Kepala Bang SulutGo Cabang Molibagu, serta Sekda Marzanzius A. Ohy, dan Asisten III Setda Bolosel Rikson Paputungan, beserta para pimpinan OPD.

Advertorial