Bupati dan Wabup dijemput di perbatasan Bolsel-Bolmong.

BOLSEL – Usai pelantikan Hi Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, pada Jumat (26/2/2021) di Manado, kedua pasangan yang dikenal dengan jargon BERKAH itu memulai prosesi adat penjemputan sebagai pemimpin di daerah yang ditinggali penduduk dari berbagai suku itu. Ada empat suku besar yang tinggal di wilayah paling selatan Propinsi Sulawesi Utara ini. Masing-masing suku Mongondow, Gorontalo dan Bolango serta Sangihe.

Acara penjemputan bupati dan Wabup periode 2012-20214 ini dimulai dengan Adat Bolango, Sabtu (27/2/2021). Prosesi adat menyambut kedatangan pemimpin Bolmong Selatan itu dilakukan di pintu masuk perbatasan antara Kabupaten Bolaang Mongondow dengan Bolsel. Kemudian Iskandar dan Deddy disambut tarian ‘Mopotirlo’ dan doa-doa oleh pemuka adat Bolango di kantor camat Bolaang Uki. Acara ini turut disaksikan anggota DPRI RI Komisi V, Hi Herson Mayulu SIP, Sekda Marzanzius Arvan Ohy, sejumlah pejabat dan camat serta kepala desa, para tokoh masyarakat dan adat serta warga.

Iskandar dan Deddy Menerima Berbagai Adat Penjemputan di Bolsel Advertorial Bolsel Headline Terkini
Penjemputan dengan adat Mongondow di Desa Pinolosian.

Minggu (28/2/2021), bertempat di Desa Pinolosian, Kecamatan Pinolosian, bupati Iskandar dan Wabup Deddy dijemput dengan adat suku Mongondow. Tarian kabela dan ‘itum-itum’ dari penari asal SMU Pinolosian dan tokoh adat setempat.

Selang dua hari kemudian, pasangan inkamben itu menerima adat penyambutan adat Gorontalo, Selasa (2/3/2021) di Kecamatan Posigadan. Jika di Kecamatan Pinolosian Iskandar dan Deddy mengenakan pakaian adat Mongondow, di Posigadan, keduanya mengenakan pakaian adat Gorontalo, Biliu. Tarian khas Gorontalo Ayabu dari SMP 2 Momalia dan Puisi yang dibawakan oleh salah satu kader Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Posigadan (HPMIP) mengisi acara penyambutan.

Dari seluruh rangkaian prosesi adat penjemputan, Hi Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid bersyukur serta tak lupa berterima kasih kepada rakyat Bolsel.  

“Saya dan pak Deddy mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada tokoh adat Bolsel Hi Herson Mayulu dan masyarat Bolsel. Kepada seluruh masyarakat, mari bersama-sama membangun dan mewujudkan Kabupaten Bolsel yang lebih baik lagi,” ajak keduanya.

Iskandar dan Deddy Menerima Berbagai Adat Penjemputan di Bolsel Advertorial Bolsel Headline Terkini
Mengenakan pakaian adat Gorontalo saat prosesi penjemputan di Kecamatan Posigadan.

Tokoh Adat yang juga sebagai anggota Komisi V DPR RI Hi Herson Mayulu SIP juga mengucapkan selamat kepada Bupati dan Wabup Bolsel itu.

“Saya dan masyarakat Bolsel mengucapkan selamat datang kepada Bapak Hi Iskandar Kamaru dan Bapak Deddy Abdul Hamid, semoga amanah ini akan menjadi berkah untuk kita semua yang ada di Bolsel,” ucap mantan bupati Bolsel ini.

Dari ucapan Hi Herson Mayulu, segala prosesi penyambutan terhadap kedua pemimpin Bolsel itu, pada dasarnya merupakan doa-doa agar Iskandar dan Deddy mampu mengemban amanah yang diberikan, serta selalu diberikan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalankan amanah tersebut.

Advetorial