KOTAMOBAGU – Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (Dispertanak) Kota Kotamobagu berencana melakukan vaksin rabies pada bulan April dan November 2021.

Ada banyak jenis hewan yang akan di vaksin, namun begitu, Dispertanak lebih memfokuskan pada hewan anjing.

“Kemungkinan kami akan memulai vaksinasi rabies pada bulan depan (April), dan juga bulan September 2021 nanti. Dalam setahun kami akan melakukan vaksin sebanyak 2 kali. Jadi, sasaran vaksin kami ada 3 jenis hewan, yakni anjing, kucing dan kera, tapi mungkin yang menjadi sasaran utama kami adalah hewan jenis anjing karena risiko terjangkit rabies terbesar berasal dari hewan tersebut,” kata Kepala Seksi Kesehatan Hewan, Dispertanak Kotamobagu, Herlina Mokodongan SPkp, Kamis (25/3/2021).

Dia juga menyampaikan agar masyarakat waspada terhadap hewan tersebut karena masih banyak hewan jenis anjing yang belum di vaksin pada tahun 2020 yang lalu.

Lanjut Herlina, tujuan utama vaksinasi rabies adalah agar masyarakat kotamobagu terutama yang memelihara hewan mengerti dan memahami bahaya penyakit rabies dan bisa terhindar dari penyakit tersebut.

“Jadi, saya mengimbau ke masyarakat Kotamobagu agar tetap waspada karena masih banyak hewan tersebut yang belum di vaksin pada tahun 2020, karena pada saat kami akan melakukan vaksinasi, terkadang hewannya ada, orangnya tidak ada. Atau, saat hewan dan tuannya ada di tempat, tapi tuannya tidak mengizinkan hewannya di vaksin. Begitupun dengan anjing hamil atau yang baru melahirkan, kami tidak dapat melakukan vaksin ke hewan tersebut,” bebernya.

Penulis: Vikar Embo