Lembaga survei, Nusantara Research Institute (NRI), kembali merilis hasil survey peta kekuatan elektoral Calon Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Rabu (02/12/2020).

Survey yang dilakukan sejak 16-23 November 2020 ini, menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan 410 responden dengan Margin of Error +/- 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Klaster survey ini menjangkau tujuh kecamatan di seluruh Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir.

Manager of Recearsh NRI Rahmillah Ukoli memaparkan dari hasil survey menunjukkan bahwa, berdasarkan pertanyaan pilihan pasangan di antara dua pasang calon, pasangan Iskandar-Deddy, di pilih oleh mayoritas publik dengan elektabilitas sebesar 84,1 persen. Unggul dibandingkan pasangan Riston-Selvia, yang hanya memperoleh 11,7 persen, dengan pemilih merahasiakan jawaban 0,3 persen dan undecided voters 3.9 persen.

“Survey ini menemukan bahwa, dalam pertanyaan kandidat tunggal Bupati dengan model pertanyaan terbuka (Top Of Mind), Iskandar 83,2 persen paling unggul dibandingkan calon Bupati lainnya Riston 11,5 persen dan undecided voters 4,1 persen,” jelasnya

Sementara itu, ia juga mengatakan, keunggulan elektabilitas pasangan calon nomor urut 1, Iskandar-Deddy bisa di lihat dari lima faktor. Untuk tingkat popularitas Iskandar Kamaru lebih tinggi di banding pesaingnya Riston Mokoagow.

“Dalam survey ini ditemukan, mayoritas publik 99,8 persen mengenal Iskandar Kamaru dan publik yang menyukai sebesar 97,5 persen. Sementara untuk Riston Mokoagow, dari 90,2 persen yang mengenal hanya 60,3 persen yang menyukai,” ungkapnya

Lanjutnya, pada kantong suara milenial yang berumur 30 tahun ke bawah Iskandar-Deddy (81,8 %), Riston Selvia (13,1 %), pada kantong pemilih berdasar kanetnis atau suku, Etnis Gorontalo, Iskandar-Deddy (83,7 %), Riston -Selvia (11,9 %). Suku Mongondow, Iskandar-Deddy (83,7 %), Riston-Selvia (11,6 %). Suku Sanger/Talaud/Siau, Iskandar-Deddy (77,2 %), Riston-Dedi (18,1 %). Suku Bolango Iskandar-Deddy (88,4 %), Riston-Selvia (9,0 %). Begitu juga dengan Suku Minahasa, Iskandar Deddy (100 %) dan suku lainnya Iskandar-Deddy (57,1 %), Riston-Selvia (28,5 %).

“Berdasarkan keyakinan pemilih terhadap kemampuan, pasangan Iskandar-Deddy mayoritas publik (91,2 %) mengatakan yakin Iskandar- Deddy mampu membawa ekonomi Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya

Rahmillah menyampaikan, mayoritas publik 86,3 persen juga mengatakan, pasangan Iskandar-Deddy paling bisa dipercaya serta paling mampu memimpin dan paling dekat dengan rakyat. Berdasarkan kinerja semasa menjabat Bupati Kabupaten Bolsel.

“Mayoritas publik 88,3 persen menilai sangat puas dengan kinerja Iskandar Kamaru, dengan konsistensi publik terhadap calon dimana 93,7 persen publik mengatakan tidak akan mengubah pilihan sampai hari pemilihan nanti dan hanya 5,9 persen yang masih mungkin mengubah pilihan. Sementara 0,4 persen yang tidak menjawab,” tutupnya