BOLMONG – Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang terjadi di wilayah Bolaang Mongondow (Bolmong) sejak dini hari hingga sore ini, Jumat (03/07/2020) menyebabkan sejumlah Desa di Kecamatan Dumoga Bersatu terendam banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong, melalui laporan tertulisnya, mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil pantauan dilapangan oleh personil TRC BPBD Bolmong yang dipimpin langsung Kabid Penanganan Darurat, Rafik Andhika Alamri, luapan Sungai Ongkag Dumoga menjadi pemicu utama terjadinya banjir.

“Puluhan rumah warga tergenang dengan ketinggian bervariasi antara 30 – 100 cm. Intensitas curah hujan yang tinggi juga menyebabkan 2 Bendungan di Wilayah Dumoga Barat yaitu Bendungan Toraut dan Kosinggolan meluap dan menggenangi pemukiman warga di Desa Toraut, Desa Doloduo II, Desa Doloduo III dan sekitarnya,” terang Kabid Penanganan Darurat, Rafik Andhika Alamri.

Rafik mengatakan, hasil Assessment sementara oleh personil TRC di lapangan, jalan penghubung Desa Doloduo II dan Desa Toraut amblas akibat tergerus luapan sungai. “Meskipun begitu, kondisi jalan tersebut masih bisa di lewati. Selain itu, terdapat puluhan rumah warga terendam dengan ketinggian bervariasi,” ungkapnya.

Rafik menambahkan, kondisi terkini Hujan sudah reda dan air mulai surut. Pendataan dampak cakupan wilayah masih terus dilakukan oleh Personil TRC. Masyarakat Desa Doloduo III saat ini mendirikan pos Siaga antisipasi kemungkinan sungai kembali meluap. “Saat sekarang tim dari BPBD masih berada di Desa Dondomon dan Desa Doloduo 3,” ujarnya.

Terpisah, Camat Dumoga Barat, Malpin Dako, ketika dihubungi mengatakan dirinya telah berkoordinasi dengan Forum Pimpinan Kecamatan untuk bersama-sama memantau segala kemungkinan yang akan terjadi jika banjir terus terjadi.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Forkopimcam untuk menyiapkan personilnya di setiap tiitik-titik rawan banjir untuk melakukan pemantauan sekaligus membantu evakuasi warga yang berada di bantaran sungai,” tuturnya.

Adapun Wilayah yang terdampak luapan sungai meliputi :
1. Desa Doloduo II
2. Desa Doloduo III
3. Desa Toraut
4. Desa Wangga Baru
5. Desa Kosio
6. Desa Dondomon Selatan
7. Desa Dondomon

Sumber BPBD Bolmong