KOTAMOBAGU – Jika kamu memiliki bahan bekas seperti handuk di rumahmu, sebaiknya jangan terburu-buru dibuang dulu. Bahan bekas seperti handuk tersebut, bisa kamu sulap menjadi pot bunga cantik yang mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Hal ini seperti yang dilakukan Miranty Manangin, mahasiswi berparas cantik semester akhir jurusan Fakultas Kehutanan, Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK). Dikatakannya, awal ide membuat pot bunga dari bahan dasar handuk bekas ini, merupakan saran dari temannya yang tinggal di luar daerah yang saat ini menekuni bisnis ini.

“Awal idenya ini saran dari teman di Banjar Baru yang sedang mengembangkan usaha penjualan pot bunga yang dibuat dari bahan dasar handuk bekas,” aku Mira sapaan hari-harinya kepada media ini, Selasa (30/6/2020).

Lanjutnya, dengan melihat kondisi Kota Kotamobagu yang saat ini masyarakatnya lagi hobi-hobinya mengoleksi bunga, ia mencoba membuat pot bunga ini untuk dijual.

“Bahan dasarnya pakai handuk bekas, semen dan cat. Untuk proses pembuatannya 10 sampai 15 menit per 1 pot, dan selanjutnya dikeringkan kurang lebih 5 jam tergantung cuacanya,” jelasnya.

Menurut Mira, usaha ini baru ditekuninya hampir sebulan ini. “Alhamdulillah, sekalipun baru dirintis sudah ada yang pesan. Harganya juga relative terjangkau yakni Rp10 ribu sampai Rp50 ribu, tergantung dari besarannya,” ucapnya.