BOLMONG – Derasnya air sungai karena banjir, jembatan di Desa Kosio, Kecamatan Dumoga Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) putus. Akibat putusnya jembatan yang terletak di jalan AKD itu, akses jalan trans sulawesi menuju Kabupaten Bolsel dan Kotamobagu lumpuh total.

“Akses lalulintas Bolmong-Bolsel lumpuh total. Sejak pukul 07.00 Wita jembatan sudah putus, dan tak bisa dilintasi lagi,” ujar Kepala Desa Doloduo II, Wawan Bonde, yang berada di lokasi kejadian.

Menurutnya, wilayah Dumoga Bersatu memang sudah diguyur hujan sejak pukul 19.00 Wita kemarin hingga, Sabtu (25-07/2020) pagi ini. Akibat curah hujan yang tinggi, beberapa Desa di wilayah Dumoga tergenang banjir. Sehingga tak ada lagi jalan alternatif menuju ke Kotamobagu.

“Ada alternatifnya, memutar ikut jalan di Desa Toraut. Tapi itu pun tak bisa lagi, karena jalan penghubung Desa Doloduo III dan Desa Toraut juga putus,” jelasnya.

Ia menuturkan, bahwa saat ini ada beberapa rumah yang tenggelam di wilayah Dumoga, antara lain Desa Wangga baru, Kosio, Doloduo, dan Desa Doloduo III.

Sementara itu, Camat Dumoga Tengah Irmansyah Makalalag, mengatakan, pihaknya bersama unsur TNI/Polri langsung berkordinasi mengamankan lokasi sekitar dengan memasang tanda peringatan. “Dari semalam Dumoga Raya sudah diguyur hujan deras. Ada jalan lain melalui Kecamatan Dumoga Utara, tapi jalan penghubung di Desa Toraut dan Doloduo III di Kecamatan Dumoga Barat juga tidak bisa dilalui,” bebernya.