KOTAMOBAGU – Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) berdampak pada pelaksanaan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Kotamobagu formasi tahun 2018.

Latsar yang sedang dilaksanakan di gedung Yadika Desa Kopandakan Kecamatan Kotamobagu Selatan beberapa waktu lalu itu, terhenti hingga sekarang ini.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Kotamobagu melalui Kasubid Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dan Pengembangan Potensi, Marini Mokoginta, menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum menerima petunjuk kelanjutan pelaksanaan Latsar tersebut.

“Sampai saat ini kami masih menunggu informasi baik dari BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN),” jelasnya.

Ia mengatakan, para peserta tinggal melaksanakan Seminar. Dimana jika sudah ada jadwalnya, direncanakan dilaksanakan di gedung Yadika.

“Tinggal seminar. Tapi kami masih menunggu jadwal dari LAN. Kami juga sudah menyurat ke BPSDM. Seminar itu face to face. Nanti diatur dan kemudian mengikuti protokol kesehatan,” katanya.

Menurutnya, batas waktu pelaksanaan Latsar bagi CPNS formasi tahun 2018 tidak bisa lewat tahun ini.“Kalau status CPNS itu sampai tahun 2021. Tapi kami upayakan pelaksanaan Latsar harus selesai tahun ini juga. Nah jika sudah selesai, tahun ini juga akan diterbitkan SK 100 persennya,” ujarnya.

Diketahui, 232 CPNS Kotamobagu terdiri dari golongan II dan III sedang mengikuti Latsar mulai 9 Maret 2020. Dijawalkan pelaksanaanya selama 51 hari dengan system on-off campus. Namun, karena adanya pandemi, tanggal 23 Maret lalu para peserta dipulangkan ke rumah masing-masing.