KOTAMOBAGU – Fitra Mokoginta warga Desa Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara membuka potensi peluang usaha dari hasil membuat rak bunga, meja dan berbagai model perlengkapan rumah.

Awalnya dirinya hanya membuat rak bunga untuk dipakai di rumah, namun setelah di-upload ke Media Sosial (Medsos), dirinya mengaku mendapatkan pesanan. Ada pun pemesan ini datang dari wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR).

“Awalnya hanya untuk dibuat untuk di rumah. Tapi, setelah di-upload ke facebook, ada sejumlah masyarakat tertarik dan memesan. Jadi, saya dan keluarga saya membuatkan pesanan itu, dan mengantarkan langsung ke rumah pemesan,” ungkap Fitra.

Dari usaha yang baru digeluti sebulan ini, dirinya mengaku sudah bisa mengantongi jutaan rupiah perharinya. Pendapatan itu didapatkan dari hasil menjual rak bunga dengan harga yang bervariasi.

“Dalam sehari pernah mengantar 4 pesanan rak bunga yang terbuat dari kayu. Rak bunga itu bisa menampung empat pot bunga, dan bisa diletakkan dalam rumah sebagai hiasan. Ada rak bunga yang harga Rp250 ribu, ada juga yang Rp400.000,” ungkapnya.

“Harganya sesuai dengan model yang dimintakan pemesan. Kalau menggunakan kayu kualitas bagus, memakan banyak material kayu, cat dan keterampilan khusus maka harganya sedikit mahal,” terangnya.

Kedepan, Fitra mengungkapkan akan melakukan beberapa inovasi untuk menciptakan rak bunga yang lebih unik. Dimana, akan ditambah dengan sentuhan gambar di setiap bilik penempatan pot.

“Supaya lebih menarik, kita akan tambah material berupa tripleks untuk menaruh gambar. Bisa gambar kartun, atau pun gambar yang dimintakan pemesan. Ini agar rak bunga lebih kelihatan unik,” jelasnya.