guru kontrak
Kepala Dinas Pendidikan Kotamobagu, Rukmi Simbala

KOTAMOBAGU– Sistem belajar dari rumah bagi para siswa di Kota Kotamobagu masih terus berlanjut. Hal ini dilakukan mengingan pandemic wabah Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia belum juga meredah.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu Rukmi Simbala, sistem daring atau Belajar Dalam Jaringan bagi para siswa sampai 13 Juni 2020.

“Belajar jadi rumah para siswa sampai dengan 13 juni mendatang, untuk perpanjangan system belajar ditengah pandemic ini masih menunggu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nanti,” ungkap Simbala, Kamis (04/06/2020).

Meski demikian, pihaknya sudah mempersiapkan metode pembelajaran khusus menghadapi era New Normal nanti.

“Untuk metode khusus pembelajaran menhadapi new normal nanti sedang dalam pengkajian, yang pasti kalau misalnya sudah diberlakukan new normal, maka ada strategi yang akan kita lakukan di sekolah, misalnya dalam satu kelas itu dibagi dua sesi pembelajaran, yang satunya tatap muka dan satunya secara Daring, itu dilakukan secara bergiliran dan sistemnya nanti tetap memberlakukan dan mengikuti protocol kesehatan dengan wajib  menggunakan masker, mencuci tangan, jarak kursinya diatur,” terangnya

Disamping itu, Ia mengatakan pengawasan guru-guru terus dilakukan.  Ia mencontohan misalanya ada siswa yang tidak bisa belajar dari rumah lewat daring, maka gurunya harus mengunjungi dan melakukan bimbingan dari rumah ke rumah siswa minimal dua kali dalam seminggu.

“Untuk sekarang ini masih dalam system belajar dari rumah secara daring dan luring, kebetulan di kotamobagu sendiri untuk ujian semesternya sudah selesai dilaksanakan, tinggal perampunga nilai dan disusul penerimaan raport 30 juni mendatang,” jelasnya.