BOLMONG – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Renti Mokoginta, Kamis (04/06/2020) meresmikan gedung baru Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Desa Doloduo III, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolmong.

Renti menyampaikan, bahwa bangunan SD yang dibangun melalui anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun 2019 tersebut, merupakan hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

“Bangunan gedung baru ini berdasarkan usulan Musrenbang Kabupaten Tahun 2018 lalu, melalui aspirasi anggota DPRD Bolmong Mohammad Syahrudin Mokoagow,” kata Renti.

Menurutnya, pembangunan gedung tersebut merupakan fasilitas yang dibangun oleh pemerintah dalam menunjang mutu pendidikan. Mengingat, Desa Doloduo III belum memiliki gedung Sekolah Dasar sebelumnya.

Renti berharap, agar pemerintah desa dan masyarakat dapat menjaga serta memilihara fasilitas sekolah yang dibangun. “Fasilitas yang dibangun ini supaya dapat dimanfaatkan dengan baik. Menjadi kewajiban bagi pemerintah desa dan masyarakat setempat untuk menjaga sarana dan prasarana pendidikan yang ada dilingkungan desa,” imbau Renti.

Ia menjelaskan, bahwa bangunan SD ini memiliki 3 (tiga) ruang. Kedepannya, bisa melakukan penambahan pembangunan lagi melalui usulan di Musrenbang. “Fasilitas bangunan SDN Doloduo III yang dibangun tersebut memiliki tiga ruang kelas, dan mulai tahun ini sudah bisa dimanfaatkan untuk menerima siswa baru,” jelas Renti.

Hadir dalam peresmian SDN Doloduo III ini, Camat Dumoga Barat Malpin Dako, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Bolmong Abdul Rivai Mokoagow, Kepsek di sekitar wilayah Dumoga Barat, serta Pemerintah Desa Doloduo III.