BOLMONG – Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angakatan Tahun 2018 yang dinyatakan lulus latihan dasar (Latsar) Tahun 2019 lalu, Senin (08/06/2020) resmi menerima Surat Keputusan (SK) Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Penyerahan SK kepada 218 PNS tersebut, dilaksanakan di pendopo kantor Pemkab Bolmong, yang diserahkan langsung oleh Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow di dampingi Sekretaris Daerah, Tahlis Gallang.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan, bahwa saat ini profesi sebagai PNS atau ASN tetap menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat. Sehingga kondisi seperti ini, membuat persaingan semakin ketat.

“Untuk itu, kepada para PNS yang baru menerima SK patut bersyukur atas rejeki yang diberikan dan siap menjalankan kewajiban sebagai pelayan publik,” ujar Yasti.

Yasti menjelaskan, dalam melaksanakan amanat Undang-undang No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, manajemen ASN dilaksanakan berdasarkan sistem merit yang merupakan basis dalam mewujudkan birokrasi pemerintahan yang kompeten.

“PNS sebagai bagian dari unsur aparatur pemerintah, mempunyai fungsi sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, juga sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Sekaligus juga sebagai pelaksana dan pengawas penyelenggaraan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan,” jelas Yasti.

Menurut Bupati, salah satu langkah informasi dalam bidang sumber daya manusia aparatur adalah reformasi sistem pengadaan CPNS yang diselenggarakan secara kompetitif, adil objektif, transparan, bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme serta tidak dipungut biaya.

Yasti menambahkan, harus diingat bahwa seorang PNS yang sejati adalah PNS yang kepuasan kerjanya tidak ditentukan oleh besarnya pendapatan yang diterima, tetapi ditentukan oleh tingginya kepuasan dan kesejahteraan masyarakat yang dilayani, sebagai dampak dari kemampuan dan profesionalitas yang dimiliki oleh PNS tersebut.

“Keuntungan PNS bukanlah bersifat materi, tetapi lebih bersifat pada pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. Lebih khusus pengabdian kepada Kabupaten Bolaang Mongondow,” tandas Yasti.

Turut hadir dalam penyerahan SK PNS tersebut, para Asisiten Setda Bolmong, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ASN lingkup Pemkab Bolmong.