BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mempermudah warga untuk mengurus e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Kemudahan yang diberikan, yakni dengan mengirimkan petugas dari Disdukcapil ke rumah-rumah warga. Namun, kegiatan ini hanya berlaku bagi warga yang telah lanjut usia dan sedang sakit.

Kepala Disdukcapil Bolsel Gunawan Otuh menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari program Jemput Pola (JemPol). Menurut Otuh, JemPol sebelumnya telah diterapkan di kantor-kantor kecamatan.

“Jadi, sebelumnya warga cukup mendatangi kantor kecamatan untuk melakukan perekaman e-KTP,” kata dia, Jumat (29/5/2020).

Lanjut Gunawan, ada beberapa warga yang tidak sanggup lagi untuk mengantri di kantor, sehingga Disdukcapil menerjunkan petugasnya ke rumah-rumah warga tersebut.

“Karena ada yang sudah uzur dan tidak ada kesanggupan lagi menuju ke kantor, maka kami pihak Dukcapil melakukan perekaman langsung di kediaman yang bersangkutan agar dimudahkan mendapatkan KTP elektronik,” jelasnya.

Program JemPol yang diterapkan Pemkab Bolsel cukup efektif dan sukses. Dari data yang ada, Disdukcapil Bolsel terbanyak melakukan perekaman e-KTP dari daerah lain di Provinsi Sulawesi Utara.

Penulis: Nanda Saputra