BOLSEL – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bolaang Mongondow  Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus melengkapi fasilitas kesehatan untuk memerangi Pandemi Corona Virus (Covid-19). Setelah melengkapi alat penunjang laboratorium, kini, rumah sakit yang ditetapkan menjadi rumah sakit rujukan penunjang pasien Covid-19 itu menerima bantuan 80 alat rapid test dan alat pelindung diri (APD) dari Pemerintah Provinsi Sulut.

Direktur RSUD Bolsel dr Sry Pakaya mengatakan, bantuan terdiri atas 4 dus alat Rapid Test. Satu dusnya, kata Sry, berisi 20. Jadi totalnya ada 80 Rapid Test di RSUD Bolsel. “Saat ini pegawai RSUD lagi ke manado menjemput bantuan dari Dinas Kesehatan Pemprov. APD belum tahu jumlahnya berapa banyak,” ujar Sry, Kamis (9/4/2020).

Menurut dia, ditambahnya alat rapid test di RSUD, maka akan mempermudah pemeriksaan bagi orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien dalam perawatan (PDP). “Akurasinya mencapai 99 persen. Kemarin, salah satu tenaga medis kami sudah mengikuti pelatihan terkait penggunaan alat ini,” ujarnya. 

Lanjut Sry, dalam waktu dekat, RSUD Bolsel akan memulai pemeriksaan beberapa ODP yang punya riwayat perjalanan dinas dari daerah zona Covid-19. Untuk satu orang dibutuhkan 2 kali pemeriksaan, jika hasil tes pertama dinyatakan negatif, maka orang tersebut akan dites lagi 10 hari kemudian.

“Apabila tes yang kedua negatif, maka orang tersebut dinyatakan bebas Covid-19. Tapi, jika pada tes awal seseorang dinyatakan positif, maka yang bersangkutan akan dibawa ke RSUD Kotamobagu untuk penanganan selanjutnya,” tandasnya.

Reporter: Nanda Saputra