Bupati menyerahkan hasil LKPD.

BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 kepada Badan Pemeriksa Keuangan  RI Perwakilan Sulawesi Utara, Kamis (12/3/2020). LKPD diserahkan langsung oleh Bupati Bolsel, Hi Iskandar Kamaru SPt.

Dalam 5 tahun terakhir, LKPD Bolsel memperoleh hasil terbaik dengan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). “Kami optimis, Bolsel akan kembali meraih WTP untuk yang keenam kalinya,” ujar bupati di kantor BPK RI Perwakilan di Manado.

Bolsel merupakan 1 diantara 15 pemerintah kabupaten/kota di Sulut yang menyerahkan LKPD. Kepala Perwakilan BPK RI Sulut, Karyadi SE MM, menerima langsung hasil laporan masing-masing daerah.

Para kepala daerah Kab/kota se-Sulut.

Dalam sambutannya, Karyadi mengatakan, hasil LKPD tiap daerah ini akan diperiksa secara terperinci sebelum akhirnya diterbitkannya opini hasil audit oleh tim auditor. Lanjut dia, bukan hanya opini yang diterbitkan oleh BPK, namun dilaporan keuangan BPK sudah dicantumkan indikator keberhasilan pemerintah daerah.

“Dalam hal indeks ekonomi kesejahteraan, yakni indeks kemiskinan, pengangguran, gini ratio, inflasi serta pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Kepada pemerintah daerah Ia juga mengingatkan untuk tidak berpuas diri dengan opini WTP karena WTP adalah kewajiban bukanlah prestasi.

“Kedepan BPK tidak hanya melakukan pemeriksaan laporan keuangan tapi bagaimana dampak daripada pengelolaan laporan keuangan dengan pembagunan untuk mensejahterahkan masyarakat,” ujar Karyadi.

Bupati, Wabup dan Pejabat Bolsel.

Penyerahan LKPD ditandai dengan penandatanganan berita acara LKPD yang terdiri dari Surat Pertanggungjawaban kepala daerah, Neraca, laporan realisasi anggaran, laporan arus kas, laporan operasional, laporan perubahan sal, laporan perubahan ekuitas, catatan atas laporan keuangan, laporan hasil review Inspektorat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE, Sekprov Sulut, Ketua DPRD Sulut, serta Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota se-Sulut, Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid, Sekda Marzanzius A Ohy serta Asisten III Pemkab Bolsel Rikson Paputungan, Inspektur Daerah, Kaban Keuangan, dan Kabag Protokol Bolsel.

Advetorial