BOLMONG – Tim Akreditasi Kementerian Perhubungan RI bersama dengan Balai Perhubungan Darat Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (4/2/2020) berkunjung ke
Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), yang terletak di Desa Dulangon, Kecamatan Lolak.

Kedatangan tim Akreditasi tersebut, dalam rangka melakukan pengujian Unit Pengujian Kendaraan Bermotor (UPKB) yang merupakan salah satu sarana dalam pengawasan kelaikan dan keselamatan berkendara.

Akreditasi ini juga sebagai legalitas dalam pelaksanaan pengujian berkala dari pemerintah pusat kepada pemerintah kabupaten/kota maupun oleh swasta, sesuai dengan yang tercantum dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Dalam hasil pengujian dari tim Akreditasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu, Balai Pengujian Kendaraan Bermotor yang diresmikan oleh Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow tersebut, mendapatkan Akreditas C.

Kepala Seksi Fasilitas Pengujian Kemenhub, Yanti Marliana, mengatakan, jika melihat kondisi bangunan dan alat yang ada, pihaknya dapat mengeluarkan akreditasi C. “Penilaian akreditasi C dilihat dari bangunan dan alat yang sudah memenuhi syarat untuk tipe C,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk akreditasi tipe B sekurang kurangnya sudah ada 11 alat penguji. Sedangkan, untuk tipe A sistem sudah harus online dengan Bank.

Disisi lain, tim Akreditasi Kementerian Perhubungan RI, memberikan apresiasi kepada Dinas Perhubungan Bolmong, karena sudah memiliki balai Pengujian yang layak untuk memberikan pelayanan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Bolmong, Sugih Arto Banteng, mengungkapkan, untuk memenuhi syarat agar dapat naik ke tipe B, pihaknya akan berusaha pada tahun ini, untuk melakukan penambahan alat penguji.

“Kita akan berupaya untuk tambah 6 alat pengujian lagi. Sehingga sudah bisa memenuhi syarat jadi tipe B. Muda-mudahan dalam waktu dekat ini, akan dilakukan lelang untuk pengadaan 6 alat,” singkat Sugih.