BOLMONG – Pemerintah Kecamatan Passi Barat, melakukan berbagai terobosan untuk lebih meningkatkan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Salah satunya pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini diungkapkan oleh Camat Passi Barat, Marief Mokodompit, saat diwawancarai oleh sejumlah awak media pada kegiatan Musrenbang Kecamatan di Desa Otam Barat.

Menurut Marief, pelayanan kepada masyarakat sudah menjadi tugas dan tanggung jawab oleh pemerintah, dalam hal ini pemerintah Kecamatan khususnya. Untuk langkah awal yang dilakukan oleh pemerintah Kecamatan kata Marief, pihaknya akan membuka layanan pengurusan administrasi kependudukan.

“Masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan, berupa Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran dan e-KTP, maka pemerintah Kecamatan yang akan memfasilitasinya. Jadi masyarakat tidak perlu lagi repot pergi ke kantor Catatan Sipil, Lolak,” ungkapnya.

Marief menjelaskan, hal ini dilakukan, untuk mengurangi beban serta biaya masyarakat dalam melakukan pengurusan administrasi kependudukan. Karena pemerintah Kecamatan itu, merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah Desa dan hal ini sudah disampaikan kepada seluruh kepala Desa.

“Saya sudah menyampaikan kepada seluruh kepala Desa yang ada di Kecamatan Passi Barat, agar dapat mensosialisasikan ini kepada masyarakat. Pada setiap kesempatan juga, baik pesta maupun hajatan lain, sering saya sampaikan,” kata Marief.

Lebih lanjut, Marief menyampaikan, terkait pengurusan KTP elektronik, pihaknya yang akan menghubungi Dinas Catatan Sipil untuk melakukan perekaman e-KTP. “Nantinya, ketika persyaratan administarsi semua Desa yang ada di Kecamatan Passi Barat rampung semuanya. Kemudian pihaknya yang akan mendatangkan dari Dinas Catatan Sipil untuk melakukan perekaman KTP elektronik,” tandas Marief.