KOTAMOBAGU – Anggaran sekira Rp2,2 Miliar telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Kotamobagu, untuk bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di wilayah tersebut.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kotamobagu Saridah Mokoginta, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Roi Paputungan, diketahui anggaran sebesar itu, merupakan bantuan dari APBN lewat Kementerian Sosial.

“Penyaluran KUBE itu sendiri akan dilakukan di triwulan I tahun anggaran berjalan, dimana untuk tahun ini, yang akan menerima KUBE tersebut berasal dari Kecamatan Kotamobagu Timur dan juga Kotamobagu Selatan,” ungkap Roi.

Untuk mekanisme penyaluran KUBE itu sendiri, Roi menambahkan kalau bantuan itu akan masuk ke rekening kelompok, dimana setelah bantuan uang tersebut diterima, maka haru segera dibelanjakan barang sebagaimana yang tercantum dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang dimasukkan, untuk kemudian dipertanggungjawabkan.

“Setiap pembelian barang harus disertai dengan kwitansi sebagai bentuk pertanggungjawaban, yang nantinya akan kita laporkan ke Kementerian Sosial. Sementara, kelompok yang menerima bantuan KUBE tersebut adalah kelompok usaha kurang mampu, sebagaimana yang tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Social (DTKS),” tambahnya.

Setiap kelompok penerima bantuan, masih menurut Roi terdiri dari jumlah anggata kelompok sebanyak 5-15 orang, dengan kisaran umumr 18-57 tahun, dengan status kelompok usaha sudah berjalan sekira 2 tahun.

“Untuk saat ini yang sementara diproses ada sekira 107 kelompok, dimana mereka nanti akan menerima Bimbingan Teknis (Bimtek) dari Kementerian dan juga Dinas Sosial sebelum proses penyerahan bantuan dilakukan,” tuturnya.