PERISTIWA – Magdalena Lumiu (19), warga Inobonto I, Kecamataan Bolaang, Kabupaten Bolaang Mongondow, korban yang hanyut di sungai Ongkag, Desa Kaiya,berhasil ditemukan namun sudah dalam kondisi meninggal dunia.

Kapolres Kotamobagu, AKBP Gani F Siahaan SIK MH, melalui kabag Humas IPTU Rusman MS mengungkapkan, korban ditemukan sekitar 100 meter dari TKP.

Kata Rusman, keluarga juga saat ini tengah mempersiapkan pemakaman bagi almarhumah yang direncanakan hari ini.

“Korban sudah berada di rumah duka, dan akan dikebumikan sore hari ini,” ucapnya.

Disisi lain, keluarga menolak untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap korban.

“Dari keluarga korban melakukan penolakan otopsi,” ujar IPTU Rusman.

Baca : Tim SAR Lakukan Pencarian Wanita Tenggelam di Sungai Kaiya

Awal kejadian, Magdalena dan adiknya, Fanya Lumiu, serta sepupu mereka, Reiti Lumiu, pamit kepada Nelci Tamara, nenek mereka, untuk mandi di sungai, Rabu (20/11/2019) sore sekitar pukul 16.15 Wita. Saat sedang mandi, Magdalena dan Fanya terpeleset dan langsung hanyut. Reiti spontan berteriak meminta pertolongan.

Lip Tahulending, yang mendengar teriakan Reiti, langsung memberikan pertolongan. Sayangnya, Lip hanya berhasil menolong Fanya.

Mengetahui anaknya hanyut, Johni Lumiu dan Ros simbala, ayah dan ibu korban, histeris sembari menuju ke TKP untuk ikut dalam pencarian.

Pukul 18.05 wita, tim dari Basarnas dan BPBD Bolmong tiba di tempat Kejadian Perkara(TKP), dan langsung melakukan pencarian dibantu polisi dan masyarakat. Namun upaya pencarian yang dilakukan hingga 01.00 Wita, belum membuahkan hasil. Pencarian dihentikan, serta dilanjutkan keesokan harinya.

Kamis (21/11/2019) sekitar pukul 06.00 Wita, tim mulai pencarian. Pukul 07.15 Wita, korban berhasil ditemukan sekitar 100 meter dari TKP dalam kondisi telah meninggal dunia.

Penulis: Nanda Surya Saputra