pemeliharaan jalan
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kotamobagu, Sande Dodo

KOTAMOBAGU- Transparansi terkait proses bembangunan hingga pelayanan publik di Kotamobagu terus dilakukan.

Sebagai daerah yang mengusung konsep Smart City (Kota Cerdas), ketersediaan dan majunya teknologi, dimanfaatkan untuk memenuhi proses transparansi oleh Pemkot Kotamobagu terhadap masyarakatnya.

Seperti sistem berbasis Aplikasi yang dikembangkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotamobagu.

Apliaksi yang diberi nama SILET (Sistem Informasi Laporan dan Evaluasi Terpadu) yang baru diluncurkan ini, bisa digunakan oleh masyarakat untuk memantau langsung setiap pekerjaan yang dilakukan Dinas PUPR Kotamobagu.

Tak hanya masyarakat, pimpinan daerah seperti Wali Kota dan Wakil Wali Kota pun, bisa mengontrol progres pekerjaan Dinas tersebut.

“Melalui SILET, pimpinan daerah dalam hal ini Walikota, Wawali, dan Sekda, dapat memantau progres atau perkembangan dari setiap kegiatan di Dinas PUPR Kotamobagu, secara real time. Termasuk pula masyarakat umum dapat ikut memantau setiap kegiatan yang ada di Dinas PUPR,” Ujar Plt Kepala Dinas PUPR Kotamobagu, Sande Dodo.

Sementara itu, Junaidi Suyudi, Kasubag Program dan Pelaporan Dinas PUPR Kotamobagu, penggagas sistem tersebut mengungkapkan, aplikasi SILET akan terdiri dari sederet menu. Di antaranya, laporan realisasi kegiatan yang dibiayai Dana Alokasi Khusus (DAK), laporan reviuw Inspektorat, laporan realisasi fisik dan keuangan, kondisi jalan, kondisi jaringan irigasi, rumah atau bangunan yang sudah mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), hingga laporan sanitasi.

“Di sisi lain, proses penyajian laporan sudah lebih maju dengan melibatkan teknologi. Dimana laporan akan lebih update, dan mudah untuk didapatkan sehingga pimpinan daerah bisa mengevaluasi secara cepat dan tepat,” pungkasnya.