BOLMONG – Kabar gembira bagi para putra-putri daerah yang berkeinginan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Pasalnya, Pemerintah pusat kembali membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal ini benarkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Umarudin Amba.

“Dalam Rakornas Kepegawaian tahun 2019 yang saya hadiri, rencananya pelaksanaan tahapan rekrutmen dan seleksi CPNS tahun ini, akan dimulai pada bulan Oktober,” ujarnya, Selasa (01/10).

Pemkab Bolmong telah mengusulkan sebanyak 1038, yang terdiri dari jalur umum sebanyak 633 dan 405 dari jalur pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Ia berharap Bolmong dapat kuota lebih dari tahun yang kemarin, ungkap Amba

“Sebelumnya kami telah melakukan analisis jabatan agar diketahui berapa kekurangan pegawai kita. Setidaknya kita masih membutuhkan sekitar 469 pegawai, dan datanya telah dikirim ke Kemenpan-RB,” ucapnya.

Pemkab Bolmong sendiri kata Amba, masih sangat membutuhkan tenaga guru, kesehatan dan tenaga teknis seperti tenaga ahli donor darah, tenaga lingkungan dan pertambangan yang masih sangat kurang, terangnya.

“Terkait dengan formasi apa saja yang dibuka dan jadwal resminya, masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari Kemenpan-RB. Itu hasil rakornas. Tapi kami masih menunggu juknisnya,” katanya mengakhiri.