KOTAMOBAGU- Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPan-R, mulai mengumumkan rencana jadwal dan tahapan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 di lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Surat pengumuman dengan Nomor: B/1069/M.SM.01.00/2019, yang ditandatangani oleh Menteri Pan-RB, Tjahjo Kumolo ini, menyebutkan bahwa proses pendaftaran akan dibuka pada tanggal 11 November 2019, secar online melalui SSCASN.BKN.

“Di dalam surat tersebut juga tertulis bahwa pelamar hanya bisa mendaftar pada Satu instansi dan Satu formasi jabatan di Kementrian, Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia,” ujar Kepala Sub Bidang Promosi dan Mutasi, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kotamobagu, Dedi Afandy Iman.

Lanjutnya untuk kuota CPNS Kotamobagu Tahun 2019 sebanyak 148 orang, yang terbagi pada Dua formasi yakni Tenaga Teknis dan Tenaga Kesehatan.

“Tertulis juga dalam surat tersebut, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang direncanakan akan digelar pada bulan Februari 2020 mendatang. Sedangkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) rencananya pada bulan Maret 2020,” sebutnya.

Meski demikian, KemenPan-RB menegaskan agar masyarakat calon pelamar berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya penipuan berkaitan dengan proses penerimaan CPNS 2019. Ditegaskan pula, selama proses seleksi, tak ada seorang pun yang bisa membantu kelulusan. Pihak KemenPan-RB juga mengatakan, pengumuman lebih lanjut terkait pendaftaran dan lain-lain, akan diumumkan oleh Badan Kepegawaian Negara dan instansi masing-masing.