BOLMONG – Pembangunan Pelabuhan Tangkap Ikan di Desa Sauk, Kecamatan Lolak terus dipacu. Dinas Perikanan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) saat ini, sedang mempersiapkan Masterplan dan Detail Engineering Design (DED) Pelabuhan Tangkap Ikan tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Wahyudin Gonibala, Kamis (24/10/2019) mengatakan, bahwa percepatan pembangunan Pelabuhan Tangkap Ikan di Desa Sauk, harus secepatnya diselesaikan

“Saat ini ada sekitar 60-an lebih kapal ikan yang masih beraktivitas di Pelabuhan Labuan Uki. Itu cuma kapal-kapal ikan lokal, belum lagi ditambah dengan kapal yang dari daerah luar,” ujarnya

Lanjutnya, Pelabuhan Labuan Uki kata Wahyudin, bukan diperuntukkan sebagai pelabuhan tangkap ikan.
“Pelabuhan Labuan Uki itukan, pelabuhan bongkar muat. Jika sudah resmi dioperasikan, maka sesuai instruksi dari Kementerian, kapal-kapal ikan sudah tak bisa lagi berlabuh di situ,” ucap Wahyudin.

Ia menjelaskan, bahwa pada tahun 2018 lalu, tim dari Kementerian Kelautan Republik Indonesia sudah datang untuk meninjau lokasi pembangunan Pelabuhan Tangkap Ikan di Sauk.
Dan sudah disetujui oleh pihak Kementerian.

“Karena semua persyaratan sudah terpenuhi. Akan tetapi kendalanya itu tadi, Masterplan dan DED-nya belum ada,” Ungkap Wahyudin.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya sedang mengupayakan agar Masterplan dan DED Pelabuhan Tangkap Ikan tersebut segera selesai.

“Dari pihak Pemerintah Provinsi saat Focus Group Discussion (FGD) kemarin, sudah mendorong agar secepatnya diselesaikan. Kami juga sudah berkomunikasi dengan Dinas Perhubungan. Insya Allah semua berjalan lancar,” kata Wahyudin mengakhiri.