KOTAMOBAGU- Menuju kota smart city, Pemkot Kotamobagu terus berbagai persiapan dengan memenuhi fasilitas penunjang di antaranya dengan memasang CCTV analitik di berbagai titik.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, melalui Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Yusrin Mantali menyampaikan, bahwa tahun 2019 ini pihaknya telah menganggarkan lagi empat CCTV untuk dipasang di tempat yang berbeda

“CCTV analitik masih dalam tahapan lelang, dengan anggaran kurang lebih Rp 1,8 Miliar. Anggaran yang paling besar itu ada pada kabel FO, jarak yang jauh jadi salah satu sebab kenapa anggaran begitu besar,” ujar Yusrin.

Adapun lokasi penambahan empat CCTV tersebut berada di lokasi yang dianggap strategis mulai dari Taman Mongkonai Barat yakni di pintu masuk Kota Kotamobagu, Kelurahan Molinow, Kelurahan Matali, dan Kotabangon Perempatan Traffic Light.

“Posisi pemasangan CCTV analitik yang dipilih karena dianggap jalur lalulintas, selain itu rawan kecelakaan,” tuturnya.

Ia menjelaskan sedikit, bahwa CCTV analitik dan sistemnya On yang didukung baterai backup atau UPS, sehingga 1 x 24 jam berfungsi.