Tahlis membuka sosialisasi Monev Tepra (foto: Humas Pemkab Bolmong).

BOLMONG – Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmong, Tahlis Gallang, menjelaskan aplikasi MONEV TEPRA bertujuan untuk memetakan masalah yang dihadapi setiap OPD pada saat pelaksanaan pekerjaan di tingkat  lapangan.

Hal itu dikatakan Tahlis dalam sambutannya saat membuka dengan resmi pelaksanaan Sosialisasi Aplikasi Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (MONEV TEPRA) Kabupaten Bolaang Mongondow Tahun Anggaran 2019, Kamis ()4/04/2019), yang dilaksanakan oleh Bagian Administrasi Pembangunan dan Perekonomian Setda Kabupaten Bolmong di Aula Kantor Bupati.

“TEPRA ini berfungsi untuk mengontrol kemajuanpekerjaan kita, di tingkat lapangan di tahun yang berkenaan,” ujar Tahlis.

Menurut Tahlis, banyak daerah yang agggarannya begitu besar tetapi tingkat pertumbuhan ekonomi, tingkat pendapan masyarakat, serta tingkat penurunan penduduk miskin tidak begitu signifikan.

“Hal ini diakibatkan pada saat evaluasi, ternyata pelaksanaan di lapangan banyak menemui kendala. Sehingga asas manfaat tidak tercapai. Sebagai contoh, banyak pekerjaan di lapangan yang seharusnya selesai tahun ini masih tertunda. Dan selesai nanti di tahun depan,” ucap Tahlis.

Tahlis melanjutkan, sistem aplikasi TEPRA tersebut bisa mendeteksi keterlambatan realisasi pekerjaan di lapangan, dan bukan hanya sekedar melaporkan progress pekerjaan. Tetapi memprediksi pekerjaan apa yang perlu penambahan waktu, dan harus mendapat perhatian khusus.

Baca : Tahlis Tinjau Program Pembangunan RTLH di Desa Mopait

“Setiap kegiatan kita yang dilaksanakan di bulan berjalan, harus dilaporkan paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya. Kalau admin meng-input setelah tanggal 10 bulan berjalan, maka secara otomatis sistemnya akan terkunci. Dan di bulan selanjutnya terjadi tumpang tindih laporan dan permasalahan sulit diuraikan,” jelas Tahlis.

Pada kegiatan yang sama, Kasubag Sarana dan Pra Sarana Bagian Administrasi Pembangunan dan Perekonomian, Fadly Mokodongan, dalam laporannya menyebutkan bahwa Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 2015 tentang Tim Evaluasi dan Pengawasan APBN dan APBD menjadi acuabn dasar pelaksanaan Sosialisasi MONEV TEPRA.

“Peserta kegiatan ini, terdiri dari Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), serta para adminPA/KPA dari setiap OPD di lingkup Pemkab Bolmong,” sebut Fadly.

Iswahyudi Masloman