KOTAMOBAGU- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu berhasil mengembangkan aplikasi Smart Real Count atau perhitungan cepat suara yang akan digunakan pada Pemilu serentak 2019.

Aplikasi ini, akan memberikan petunjuk teknis tentang perhitungan suara secara akurat dan cepat.

“Aplikasi ini akan memberi petunjuk teknis tentang perhitungan suara. Cara kerjanya yakni data dari relawan diinput kemudian dengan cepat akan terekap,” ujar Kepala Bidang Penyelenggara e-Government, Diskominfo, Kenny Kinontoa.

Ia menjelaskan, aplikasi tersebut telah siap digunakan. Sebelumnya sudah melewati tahap uji coba.

“Dengan aplikasi ini nantinya dapat membantu Kesbangpol dan Pemkot dalam hal memantau pemilu yakni hasil perhitungan suara. Nantinya hasil tersebut sebagai data pemkot,” ujar Kendy.

Untuk memantapkan aplikasi tersebut Kendy mengatakan akan bekerjasama dengan Kesbangpol melaksanakan simulasi perhitungan suara cepat di tiga dapil.

“Diskominfo hanya untuk teknisnya. Kita akan melaksanakan uji coba di dapil Kotamobagu Timur Utara, dapil Kotamobagu Selatan, dan dapil Kotamobagu Barat. Pelaksanaannga direncanakan selama tiga hari yakni Kamis, Jumat, dan Senin,” ujar Kendy.

Kepala Badan Kesbangpol Kotamobagu Irianto Mokoginta mengatakan kegiatan tersebut untuk pembekalan kepada tim pendukung desk pemilu.

“Pada desk pemilu ada tim inti yakni pejabat pemda dan tim pendukung dari desa kelurahan. Nantinya mereka yang akan ditempatkan di TPS. Semua tim pendukung ditugaskan di wilayah tempat tinggal masing-masing,” ujar dia.