KOTAMOBAGU- Harga pangan khususnya bawang merah dan bawang putih dan tomat di pasar tradisional Kotamobagu terpantau mengalami kenaikan harga. Harga perkilogramnya tergolong cukup mahal.

Salah satu pedagang di kawasan Pasar 23 Maret, Kelurahan Gogagoman, Kotamobagu Barat, Ade Kokunsi, menuturkan saat ini harga bawang merah Rp50 ribu per kilogram, bawang putih Rp55 ribu per kilogram dan tomat Rp8 ribu per kilogram.

Ia mengungkapkan, harga normal Dua jenis bawang tersebut hanya berkisar Rp25 ribu per kilogram. Sementara tomat hanya Rp3 ribu per kilogram.

“Naik drastis dalam beberapa hari terakhir ini,” kata Ade.

Alasan kenaikan harga tersebut kata Ade, dikarenakan pasokan dari petani mengalami pengurangan pasca Pemilu 2019.

“Mungkin petani masih fokus pada oemilu sehingga pasokannya sedikit berkurang, sementara kebutuhan masyarakat meningkat, terlebih jelang Ramadan memang kebutuhan sangat besar,” ujarnya.

Meski demikian lanjut Ade, harga cabai justru turun drastis di hari ini. Ia pun tidak bisa memastikan harga tersebut bisa bertahan hingga Ramadan.

“Kalau cabai malah turun. Dari Rp155 ribu per kilogram, kemarin turun hingga Rp55 ribu per kilogram dan hari ini kembali turun sebesar Rp35 ribu per kilogram,” sebutnya.

“Tapi jika cuaca seperti sekarang, kami.juga pedagang tak bisa memastikan harganya apakah bisa turun lagi atau semakin naik. Sebab, cabai kita peroleh langsung dari petani, sementara bawang itu langsung dari agen,” kata Ade.

Senada dengan itu, salah satu agen bawang merah dan bawang putih di Toko Sinar Terang mengaku terjadinya ketidakstabilan harga pangan.

“Harga memang naik turun. Karena kami agen juga hanya mendapat pasokan dari petani. Harga bawang merah dan putih memang agak naik karena stok yang ada menipis,” kata pemilik toko.