KOTAMOBAGU – Proses seleksi Calon Sekretaris Kota (Sekkot) Kotamobagu mulai dilaksanakan. Sabtu esok dikabarkan 5 pejabat yang mendaftar, mengikuti akan mengikuti uji kompetensi di Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional XI di Manado.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Panitia seleksi, Sahaya Mokoginta, Jumat (12/04/2019).

“Ada beberapa point yang akan dijalani oleh para calon Sekkot dalam uji kompetensi, diantaranya adalah asseement kompetensi bagi yang belum mengikuti, penulisan dan presentasi makalah, serta wawancara,” ujar Sahaya.

“Setelah itu hasil uji kompetensi Pansel laporkan ke Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Kemudian, sebelum dilakukan penetapan dan pelantikan, terlebih dahulu dilaporkan ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) serta mendapatkan tanggapan tertulis dari Gubernur Sulawesi Utara,” jelasnya.

Hasil uji kompetensi yang akan diikuti tersebut, menurut Sahaya akan dilaporkan ke Pejabat Pembina Kepegawaian dalam hal ini Walikota, untuk kemudian ditanggapi oleh Gubernur, serta dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Dalam uji kompetensi tersebut kita panitia seleksi dipersilahkan untuk menggelar rotasi sesuai ketentuan yang diatur dalam undang undang nomor 5 tahun 2014 serta Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2017,” tambahnya.

Diketahui, 5 pejabat yang mendaftar seleksi Sekkot Kotamobagu yakni, Moh Agung Adati, Sitti Raifqa Bora, Rukmini Simbala, Virginia Olii, dan Sande Dodo.