KOTAMOBAGU- Pasca dipindah ke Kabupaten Bolmong beberapa tahun lalu, eks Rumah Sakit Datoe Binangkang yang terletak di Kelurahan Kotamobagu, menjadi tempat eksis mahluk astral.

Tak heran, di lokasi ini kerap kali terlihat penampakan hantu. Bahkan, banyak kelompok yang menamakan diri sebagai pemburu hantu, memilih tempat ini untuk uji nyali.

Namun setelah dilakukan pembongkaran oleh Pemkot Kotamobagu untuk dijadikan lokasi kuliner dan pasar senggol, eks RSUD ini pun tak lagi terlihat angker.

Menurut penuturan warga sekitar, setelah dibongkar, mahluk astral di tempat ini pun berpindah tempat.

“Sepertinya mereka hijrah ke tempat lain. Sebelum dibongkar memang tempat ini sangat angker. Kadang kami mendengar ada suara aneh seperti anak kecil dan wanita menangis di tengah malam,” ujar Hamka Mamonto, warga Kampung Baru.

Tak lagi menakutkan kata Hamka. Sebab, beberapa bangunan yang dianggap sarang hantu seperti ruangan bedah, bangsal anak, kamar mayat dan ruangan perawatan kecelakaan, kini ratah tanah.

“Sudah enak dilihat. Tak lagi seram kayak dulu lagi. Kalau malam sudah terang karena sudah mirip lapangan,” ujarnya.

Pantauan Portalmongondow.com, proses pembongkaran eks RSUD Datoe Binangkang masih terus dilakukan menggunakan alat berat.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop-UKM), Herman Aray mengatakan, pembongkaran dilakukan sebelum Ramadan.

“Targetnya Ramadan itu sudah terbongkar semuanya. Ini nanti akan dijadikan lokasi pasar senggol untuk tahun ini,” kata Aray, Selasa (23/04/2019).

Ia menjelaskan, dipilihnya lokasi tersebut karena beberapa pertimbangan pemerintah.

“Lokasi ini sangat strategis. Juga untuk lahan parkir tak lagi memakai badan jalan. Kalau kita dirikan di jalan raya, pasti banyak warga yang protes karena menutupi depan rumah mereka. Sehingga itu lokasi ini dipilih,” pungkasnya.