biaya pengukuran tanah
Walikota Kotamobagu, Ir Tatong Bara

KOTAMOBAGU– Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI ,saat ini melakukan pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Kotamobagu Tahun 2018.

Pemeriksaan atau audit rinci selama 35 hari tersebut,  dilakukan pada seluruh kegiatan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkot Kotamobagu.

Sekertaris Kota (Sekkot) Adnan Massinae,  beberapa hari lalu mengatakan, pemeriksaan dilakukan mulai dari administrasi hingga fisik kegiatan.

“SPj pengelolaan keuangan dan fisik kegiatan dilapangan akan di periksa, ” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Tatong Bara, mengatakan, sangat optimis jika Pemkot Kotamobagu bisa meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada pengelolaan keuangan daerah tersebut.

“Alhamdulilah hingga saat ini Pemkot sudah lima kali secara berturut- turut meraih predikat WTP,  tentunya saya sangat optimis Pemkot bakal kembali meraih Predikat WTP, ”kata Wali Kota.

Untuk itu Wali Kota menghimbau, kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap fokus pada pemeriksaan BPK RI.

”Bagi setiap ASN yang ada di lingkup Pemkot Kotamobagu untuk 35 hari kedepan dapat fokus pada pemeriksaan BPK. Jangan lupa untuk terus koordinasi terkait jadwal pemeriksaan. Ini adalah agenda rutin yang setiap tahun dilakukan oleh BPK karena uang negara harus di periksa dan dipertanggungjawabkan,” ujar Wali Kota.

Wali Kota menambahkan,  kehadiran BPK harus dimanfaatkan dengan baik  dan dijadikan ajang konsultasi terkait kesulitan – kesulitan pengelolaan keuangan.

“Agar sesuai dan tidak kurang oleh sebab itu kita harus manfaatkan keberadaan mereka,” tambahnya.

Disisi lain, Wali Kota menerangkan telah memberikan kewenangan penuh kepada Wakil Wali Kota Kotamobagu,  Nayodo Koerniawan,  terkait pengawasan terhadap ASN.

“Saya memberikan otoritas secara penuh kepada Wakil Walikota Pak Nayodo Koerniawan, terkait pengawasan. Jadi terkait ijin tugas luar, itu pak Wakil yang urus. Bole TL asalkan yang bersangkutan sudah ada yang mewakili dan dokumen yang di minta sudah siap,” kata Wali Kota.