Yansen disambut aparat dan warga Desa Amertha Buana. (Foto: Nancy Balansa)

BOLMONG – Peristiwa angin puting beliung yang menerjang 4 desa di Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow, pada Sabtu (23/3/2019) sekitar pukul 14.30 WITA, mengundang simpati dari berbagai kalangan. Bantuan terus berdatangan di keempat desa yakni, Desa Amertha Sari, Desa Amertha Buana, Desa Kembang Mertha dan Desa Kembang Sari.

Tokoh muda dari Desa Pusian, Kecamatan Dumoga Timur, Yansen Mokoginta tak ketinggalan turut membagi rejeki miliknya untuk sekadar membantu meringankan beban atas musibah yang dialami para korban.

“Wilayah ini tak jauh dari tempat tinggal saya, tentunya ini menjadi satu kewajiban bagi kami datang membantu,” kata pria yang akrab disapa Encin ini.

Ia datang bersama keluarga dan beberapa kerabatnya, mendatangi posko yang didirikan warga setempat. Posko ini dibangun untuk digunakan sebagai dapur umum bagi para korban sekaligus menampung bantuan yang datang.

Yansen Mokoginta bersua dengan para korban sekaligus menyerahkan bantuan (Foto: Nancy Balansa).

Berbincang dengan warga yang terdampak bencana, ia tak lupa memberikan dorongan moril kepada warga agar tetap bersabar atas peristiwa ini. Dirinya meyakini, musibah-musibah seperti ini sebagai ujian yang akan lebih mempertebal keimanan setiap umat.

“Hari ini mungkin saudara-saudara kita yang diberikan ujian, tidak menutup kemungkinan, kita yang akan mendapat ujian nanti,” ujarnya sembari mengajak setiap orang yang berkelebihan untuk datang membantu.

Baca : Hujan Deras, Bupati Datangi Para Korban Angin Puting Beliung

Empat desa yang mayoritas dihuni etnis Bali ini diterjang angin puting beliung pada siang menjelang sore, dimana saat kejadian, sebagian besar warga sedang berada di kebun. Hasil pendataan yang dilakukan oleh BPBD Bolmong bersama pemerintah kecamatan, pihak TNI dan Polri, serta aparat dimasing-masing desa, sampai dengan hari Senin (25/3/2019), kurang lebih 117 bangunan terdiri dari rumah dan dapur warga, rumah ibadah, fasilitas pendidikan dan kandang ternak, mengalami kerusakan. Sebagian rusak ringan, sebagian lainnya rusak ringan.

“Mari sama kita mendoakan agar Bolaang Mongondow khususnya, dan Sulawesi Utara pada umumnya, akan dijauhkan dari bencana-bencana seperti ini,” ucap kader Partai Nasdem di Dumoga Timur ini.

Penulis : Rahmat Putra Kadullah