guru kontrak
Kepala Dinas Pendidikan Kotamobagu, Rukmi Simbala

KOTAMOBAGU –Sebanyak 80 guru SD, SMP dan SMA di Kotamobagu mengikuti sosialisasi penyuluhan Bahasa Indonesia dan Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), yang digelar Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu, Selasa (19/3/2019).

Kegiatan penyuluhan terhadap Guru Bahasa Indonesia se Kotamobagu tersebut, dilaksanakan di Aula Kantor Disdik dengan menghadirkan narasumber dari Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Kegiatan ini diikuti sebanyak 80 peserta, yang terbagi dari 40 guru Bahasa Indonesia tingkat SMA serta 40 guru SD dan SMP,” Kepala Disdik Kotamobagu, Rukmi Simbala.

Rukmi menjelaskan, tujuan dilaksanakanya kegiatan ini, agar para guru dapat meningkatkan sikap positif terhadap penggunaaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Dengan begitu akan menambah wawasan terhadap permasalahan kaidah-kaidah kebahasaan dan dapat menularkan pengetahuan yang diperoleh kepada anak didik di lingkungan sekolah masing-masing serta masyarakat luas,” jelasnya.

Dikatakannya, ada 10 materi yang diberikan dalam uji kemahiran bahasa ini. Diantaranya kebijakan kebahasaan dan kesastraan, diksi, ejaan, kalimat paragraf, gambaran umum Indonesia, simulasi dan tes UKBI serta materi lainnya.

“Penyuluhan, sosialisasi  serta uji kemahiran Berbahasa Indonesia ini akan dilaksanakan selama 4 hari kedepan, terhitung hari ini hingga Jumat,” pungkasnya.