KOTAMOBAGU – Setelah enam bulan dilantik sebagai Wali Kota dan waki wali kota Kotamobagu, Tatong Bara – Nanyodo Koerniawan (TBNK), akhirnya siang ini akam melaksanakan roling pejabat Pemerintah Pota (Pemkot) Kotamobagu.

Kabid Mutasi, BKPP Kotamobagu, Sahrudin Bambela membenarkan adanya pelantikan pejabat. Ia menerangkan jika daftarnya nama-namanya sudah ada.

“Ada sekitar 70an yang akan dilantik baik eselon II, III dan IV,” ungkapnya.

Soal siapa-siapa yang akan dilantik, ia enggan mengungkapkan. Namun pejabat yang diundang mulai dari pejabat eselon II, eselon III hingga eselon IV.

“Untuk nama-nama yang akan dikantik, nanti pada saat pembacaan SK yang akan dilakukan pada pukul 13.00 wita siang ini,” kata Sahrudin.

“Para pejabat yang akan dilantik ada yang pengisian jabatan karena kosong, serta ada juga yang di rolling. Ada yang pengisian dan ada rolling jabatan,” tambahnya.

Sekadar diketahui, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 Tentang Pendelegasian Wewenang Penandatanganan Persetujuan Tertulis Untuk Melakukan Penggantian Pejabat di Lingkungan Pemerintah Daerah pada Pasal 2 Ayat (2). Bahwa gubernur, bupati, atau wali kota yang akan melakukan penggantian pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi atau Kabupaten/Kota, dalam jangka waktu 6 (enam) bulan terhitung sejak tanggal pelantikan harus mendapat persetujuan tertulis dari menteri.