KOTAMOBAGU- Aplikasi Sistem Keluhan Masyarakat (SiKemas) milik Pemkot yang dikembangkan Dinas Kominfo Kotamobagu, terus menerima keluhan masyarakat sejak diluncurkan pada 2018 lalu.

“Persoalan sampah, masih mendominasi laporan di beranda SiKemas. Selain itu, ada beberapa persoalan lain seperti trantibum, dan drainase,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, Senin (18/03/2019).

Ia menjelaskan, keluhan yang masuk lewat SiKemas akan langsung terkoordinasi dengan instansi terkait.

“Penanganan yang dilakukan atas keluhan yang masuk, semuanya tidak lewat dari 24 jam. Laporan yang masuk, tidak kurang dari Lima menit sudah diterima oleh instansi terkait,” ujar Yani.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Alfian Hasan mengatakan, pihaknya terus melakukan penanganan sampah secara intens.

“Laporan yang masuk di SiKemas, itu langsung kami tindaklanjuti secara menyeluruh,” kata Alfian.

Lanjutnya, pihak petugas kebersihan melakukan pembersihan sampah sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

“Setiap pagi dan sore, sampah sudah kami angkat semuanya. Namun, jika ada laporan yang masuk, maka tetap ditindaklanjuti,” ujarnya.

Ia pun mengimbau, agar masyarakat bisa meletakan sampah di tempat yang sudah disediakan Pemkot, serta tidak membuang sampah sembarangan.

“Kalau bisa diusahakan pagi pukul 06.00 wita dan sore pada pukul 15.00 wita, sampah sudah diisi di dalam karung dan diletakan di depan rumah, sehingga saat kendaraan pengangkut sampah lewat, itu sudah langsung diangkat,” imbaunya.