Bagus Purihito tengah diwawancarai sejumlah wartawan. (Foto: Marshal Datundugon).

BOLMONG – Kepala Badan SAR Nasional (Kabasarnas), Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Purihito mendatangi lokasi longsor tambang emas Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, pada hari Jumat (01/03/2019) malam . Kedatangan Kabasarnas ini dijemput langsung oleh Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, di Mess PT JRBM Desa Bakan, Kecamatan Lolayan.

Setiba di Desa Bakan, Bagus langsung menuju ke lokasi yang telah merenggut 9 nyawa penambang dan puluhan lainnya luka-luka. Dikesempatan ini, ia menyampaikan rasa empati dan duka cita yang mendalam kepada seluruh keluarga korban yang tertimpa bencana.

“Mudah-mudahan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan dan kesabaran,” kata Bagus.

Tim SAR gabungan hingga larut malam masih tetap berusaha untuk fokus melakukan evakuasi terhadap para korban.   

Sengaja kita semua berkunjung disini untuk memberikan motivasi, semangat, dan berpesan untuk tetap berhati-hati dalam melaksanakan tugas kemanusiaan ini. Sekali lagi, tim SAR gabungan akan melaksanakan tugas semaksimal mungkin,” ujarnya.

Tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses evakuasi korban, mulai dari Basarnas, TNI Polri, Pemda, perusahaan, dan masyarakat setempat.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sangat tinggi, karena selama ini kita sudah bekerja sama dengan keras, dengan ketulusan hati untuk melaksanakan tugas kemanusiaan ini,” katanya.

Sebagaimana diketahui, hari ketiga evakuasi korban bencana tanah longsor di tambang emas Desa Bakan yang terjadi pada hari Selasa (26/2/2019) malam, telah menelan lebih dari 20 orang korban jiwa dan luka-luka. Selanjutnya, evakuasi pada hari keempat dilakukan dengan menggunakan alat berat.

Penulis : Ismail Ambaru