Salah satu rumah warga di Desa Kembang Mertha yang rusak (Foto: portalmongondow.com)

BOLMONG Angin puting beliung yang terjadi Sabtu (23/3/2019) sore, mengakibatkan sejumlah bangunan di 4 desa di Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow, mengalami kerusakan.

Dari laporan yang masuk ke petugas dari BPBD Bolmong dan Kecamatan Dumoga Timur serta aparat desa, 81 bangunan yang terdiri dari rumah ibadah, rumah dan dapur warga, bangunan sekolah dan kandang babi mengalami rusak berat dan rusak ringan.

Desa yang terdampak masing-masing, Desa Amertha Sari 44 bangunan, Desa Kembang Mertha 32 bangunan, Desa Kembang Sari 5 bangunan. Sementara untuk Desa Amertha Buana masih sementara dilakukan pendataan.

Sebelumnya, Kepala Desa Kembang Mertha, I Putu Yasa menyebutkan, angin puting beliung begitu cepat dari arah selatan menuju arah utara.

“Kejadiannya hanya sekejap, kira-kira lima menit sudah hancur semua,” kata Putu Yasa, Sabtu malam.

Baca : 5 Menit Puting Beliung Hancurkan 32 Bangunan di Kembang Mertha

Senada dengan Putu, Made Sandiyase, warga Dusun 3, Desa Kembang Mertha, yang rumahnya juga diterjang angin mengatakan, puting beliung berasal dari Desa Amertha Sari menuju Desa Kembang Mertha.

“2 desa lainnya ikut terdampak karena dilewati angin puting beliung,” ujar pria yang menyaksikan langsung kejadian ini.

Pegawai dari BPBD Bolmong, Yadi menyatakan bahwa, tidak ada laporan korban jiwa dalam musibah ini.

“Hanya luka ringan akibat terkena atap seng. Korban juga sudah ditangani dokter,” ucapnya.

Diketahui, warga di 4 desa yang mayoritas ditinggali etnis Bali ini yang rumahnya mengalami musibah, telah mengungsi ke keluarganya masing-masing.    

Penulis : Rahmat Putra Kadullah