guru kontrak
Kepala Dinas Pendidikan Kotamobagu, Rukmi Simbala

KOTAMOBAGU– Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk sekolah di Kotamobagu segera digelar.

Berbagai persiapan dilakukan, termasuk perlengkapan komputer.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu, Rukmi Simbala mengatakan, pelaksanaan UNBK dilakukan secara mandiri oleh tiap sekolah.

Pihaknya juga telah melakukan pemberitahuan ke seluruh sekolah, untuk menggelar UNBK secara sendiri-sendiri pada setiap sekolah.

“Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), tidak lagi bergantung pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dimana, hingga tahun lalu memang masih ada SMP yang menggelar UNBK di sekolah lain atau SMK,” ujarnya.

Bahkan, Rukmini mengatakan kalau dirinya telah meminta dengan tegas kepada seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) untuk berusaha secara maksimal, dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tersebut secara mandiri.

“Saya telah meminta kepala sekolah untuk berusaha menyediakan fasilitas, meski dengan hanya meminjam barang, agar pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini bisa digelar di setiap sekolah,” tukasnya.

Diketahui, sebelumnya Dinas Pendidikan Kota Kotamobagu pada tahun 2018 lalu, telah medistribusikan sekitar 180 unit ke sekolah-sekolah, khususnya sembilan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pengadaan komputer tersebut, Disdik menggelontorkan anggaran sekitar Rp2,1 miliar.